Senin, 20 Juni 2011

Kurikulum PAUD

Kurikulum PAUD “Tunas Bangsa” SKB Grobogan

A. METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran di PAUD “Tunas Bangsa” mengunakan pendekatan sentra. Sentra adalah zona, titik atau station di mana anak memulai kegiatan bermain dan belajarnya sebagai awal dari kehidupannya, karena belajar di sentra adalah belajar problem solving, yang kelak anak menjadi lebih mandiri, disiplin, dan tanggung jawab.

B. PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR
PAUD “Tunas Bangsa” memadukan antara kurikulum nasional dan adopsi BCCT (Beyond Center and Circle Time) dari Florida, USA. Tahun ajaran 2009/2010 ini, PAUD “Tunas Bangsa” mengembangkan kurikulum berbasis budaya nasional dalam rangka menanamkan pondasi awal, pengetahuan dan pengalaman anak untuk senantiasa melestarikan dan menghargai budaya tanah airnya.
Proses pembelajaran disajikan dalam suasana belajar yang menyenangkan, dan dibimbing oleh guru yang cukup berpengalaman dalam hal mendampingi untuk membantu mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing anak.
Sentra-sentra yang ada di PAUD “Tunas Bangsa” adalah :

1. Sentra Bermain Peran
Sentra ini terdiri dari main peran makro dan mikro. Main peran makro adalah ermain yang sifatnya kerja sama lebih dari 2 orang bahkan lebih khususnya untuk anak usia taman kanak-kanak, main mikro adalah awal bermain kerja sama dilakukan hanya 2 orang saja bahkan sendiri. Bermain peran dapat mengembangkan potensi kecerdasan emosi dan psikososial serta bahasa.

2. Sentra Seni & Budaya
Sentra ini menekankan pada penggunaan bahan seni mulai dari lem, gunting, crayon, spidol, cat, papan lukis, berbagai jenis, ukuran dan warna kertas yang kemudian dikembangkan menjadi hasil karya dan kreativitas. Dan lingkungan ini pun dikaitkan dengan pemahaman budaya nasional, tarian tradisional untuk mengenalkan kesenian, pengenalan bahasa daerah, etika & estetika yang mengantarkan anak untuk cinta tanah air, berbudi pekerti, sopan santun dan berkepribadian.

3. Sentra Bahan Sifat Cair / Bahan Alam
Adalah sentra untuk mendukung kebutuhan anak-anak usia toddler dan taman bermain A hingga usia TK. Dengan bermain bahan sifat cair / bahan alam diharapkan anak sudah mengenal alam dan sifat-sifatnya, hal ini membantu mengembangkan aspek-aspek potensinya melalui uji coba dan eksplorasi.

4. Sentra Balok
Sentra ini khusus dirancang untuk bermain balok, diutamakan untuk anak usia 3 – 6 tahun. Bermain balok membantu mengembangkan potensi kecerdasan logika matematika dan sains, juga dapat memecahkan masalahnya serta kestabilan perkembangan emosinya.

5. Sentra Persiapan
Persiapan kepada anak untuk menstimulasi motorik halus : mengurutkan, mengklasifikasi, menyusun pola, menyediakan tahap awal, menulis, membaca dan perlengkapan lain yang dirancang khusus untuk memperkuat keterampilan dan pengetahuan.

6. Sentra Musik
Sentra ini menekankan pada pelatihan kepekaan anak dengan bunyi-bunyian melalui iringan, tangga nada dengan media alat musik elektronik maupun tradisional yang dimaksudkan untuk menyeimbangkan otak kanan & kiri sehingga muncul asa, etika, dan estetika.

7. Sentra Imtaq
Sentra ini menekankan pada pengenalan dan pembelajaran agama sedini mungkin pada pengenalan dan pembelajaran agama sedini mungkin, untuk mengenal nilai-nilai yang islami terutama yang mengagungkan asma Allah SWT, kegiatan berwudhu dan shalat berjamaah dan pengenalan surat pendek dan do’a sehari-hari merupakan kegiatan sehari-hari.

C. KEGIATAN PENUNJANG
1. Family Day
2. English Time
3. Program Pelatihan Orang Tua (PPOT)
4. Konsultasi Psikolog
5. Field Trip
6. Outbound
7. Bina Cinta Lingkungan
8. Peringatan Hari-hari Besar Islam dan Nasional

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More